Ada sejumlah industri yang
kelangsungan hidupnya sangat tergantung pada mengenali perbedaan antara fad
tren dan megatren. Saya akan membahas apa perbedaan dari ketiga definisi
tersebut dan apa saja contoh dari masing-masing perubahan
pasar. Peluang pasar
baru,
belum menjamin keberhasilan meski dapat terlaksanakan karena program dan
pemasaran baru akan berhasil jika sejalan dengan tren yang kuat. Banyak kesempatan yang terbuka
dengan mengindentifikasi trend yang terjadi di pasar. Tetapi tidak semua
kejadian dapat dikatakan sebagai suatu trend, berikut pembahasan perbedaan
antara fad, trend dan megatrend.
1.
FAD (MODE)
Fad atau mode menurut
definisi adalah peristiwa jangka pendek, beberapa orang mungkin menyebutnya "kegagalan."
Ada pula yang menyebut mode adalah
sesuatu yang cepat naik popularitasnya dan mungkin turun populritasnya dengan
sangat cepat. Fashion, makanan, olahraga, gaya rambut, bahasa adalah semua
bidang yang memiliki mode. Fad atau mode sekilas dan bisa dikatakan sering
bertahan satu musim saja, tetapi kadang bisa bertahan lebih dari beberapa
tahun. Mode sangat sering didorong oleh media sosial saat ini. Bahkan media
sosial pada satu waktu dianggap sebuah trend, yang kini telah berkembang
menjadi sebuah tren.
Contoh dari fad, saya
ambil contoh makanan seperti di Bandung yang merupakan kota dengan surga
kuliner memiliki berbagai bentuk jenis makanan yang unik tetapi kepopulerannya
cepat naik dan juga cepat turun dan tergantikan oleh produk yang relatif baru, seperti:
keripik pedas, cilok, seblak, terakhir ada jenis makanan yang menjadi mode
seperti kue greentea dan makanan yang terbuat dari greentea.
2.
TREND
Berbeda dengan
fad,Trend adalah suatu arah atau urutan kejadian yang memiliki suatu momentum
dan jangka waktu tertentu. Trend juga lebih terprediksi dan lebih tahan
lama dari fad. Perusahaan sendiri dapat menciptakan strategi untuk menciptakan
trend dimasa mendatang. Beberapa pandangan dari sisi industri
mengatakan bahwa trend merupakan suatu bentuk masa depan yang memiliki jangka
waktu yang panjang , dapat diobsevasi antar lingkungan pasar maupun kegiatan
konsumen dan konsisten terhadap indikator perubahan yang besar pada waktu yang
sama.
Contoh dari trend
seperti tongkat narsis atau biasa kita sebut tongsis yang sering digunakan
berbagai kalangan untuk mempermudah pengambilan gambar yang menggunakan
smarthpone sekarang ini mengapa tongsis? Karena seperti yang telah disebutkan
di atas, produk ini mempunyai jangka
waktu yang relatif panjang selama smartphone
masih eksis dan mempengaruhi perusahaan untuk memperbaharui atau membuat produk
sejenis yang bisa dikatakan sebuah keuntungan untuk perusahaan.
3.
MEGATREND
Jika fad dan tren
memiliki durasi waktu yang singkat sampai cukup bertahan sebentar maka berbeda
dengan megatren. Megatren adalah besarnya tingkat perubahan yang menyangkut
lingkungan atau kondisi sosial, ekonomi, politik dan teknologi yang berjalan
dengan lambat dan terjadi pada satu tempat yang mempengaruhi masyarakat dalam
kurun waktu tujuh sampai dengan sepuluh tahun atau lebih. China sebagai
kekuatan ekonomi yang diidentifikasi setidaknya tiga dekade lalu memiliki
potensi untuk menjadi kekuatan ekonomi dunia yang harus diperhitungkan. Menurut
Copenhagen Institute for Future Studies “Megatrends
are the probable future – or express what we know with great confidence about
the future. Megatrends are certainties.” Megatrends adalah kepastian.
"Megatrends diidentifikasi saat ini adalah populasi penuaan, globalisasi,
meningkatnya perubahan teknologi, urbanisasi, kesejahteraan, peningkatan
kecepatan jaringan, dan hanya kecepatan kehidupan sehari-hari.
Contoh dari megatren
yaitu seperti Facebook, twitter, Instagram dan semua media sosial lainnya
karena seperti yang kita ketahui media sosial merupakan salah satu dari awal
kemunculan fad atau mode dan tren dan media sosial pun mempengaruhi maupun
merubah masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya.
Sekian penjelasan dari saya
mengenai perbedaan dari fad, tren, dan megatren.
Semoga bermanfaat yaa=)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar